Silabus Matematika Kelas VII

SILABUS

Nama Sekolah       :  SMP Negeri 12 Bandung

Mata Pelajaran      :  Matematika

Kelas                   :  VII (Tujuh)

Semester              :  1 (satu)

 

BILANGAN

Standar Kompetensi: 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Afektif

Kognitif

 
1.1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Siswa dengan dibimbing oleh guru melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengula- ngan).
  • Dengan tanya jawab, siswa menyebutkan bilangan bulat.
  • Dengan tanya jawab, siswa mengidentifi- kasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Memberikan contoh bilangan bulat.

 

Tes tulis

Uraian

Tulislah 7 bilangan bulat yang lebih dari  -4 dan kurang dari 12!

 

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  • Siswa membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
  • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
 

Tes tulis

Uraian

 

 

Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut!

 
  • Siswa bersama guru mendiskusi- kan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran.
  • Siswa dibimbing oleh guru mendiskusi- kan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif.
  • Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
 

Tes tulis

Uraian

A. Hitunglah

1. 4 +  (-7) =

2. -3 – (-8) =

3. 8x  (-12)=

4. (-36) : 4=

5. -4 + 7 x -2 =

 

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?

 
  • Siswa berdiskusi untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.
    • Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
 

Tes tulis

Uraian

Tentukan nilai dari:

a. (-5)

b.  43

c.

d.

 
  • Siswa mendiskusi kan jenis-jenis bilangan pecahan.
  • Dengan tanya jawab, siswa menyebutkan bilangan pecahan.
  • Siswa membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.
  • Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.
 

Tes tulis

Uraian

Tulislah beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:

a. Pecahan biasa

b. Desimal

c. Persen

 
  • Siswa mendiskusi- kan bilangan pecahan senilai.
  • Siswa mendiskusi- kan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
  • Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
 

Tes tulis

Uraian

1. Ubahlah bilangan 1  dalam bentuk desimal dan persen!

2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam bentuk  persen dan pecahan biasa!

 

 
  • Siswa mendiskusi- kan cara mengurut- kan bentuk pecahan.

 

  • Mengurut- kan bilangan bentuk pecahan.

 

Tes tulis

Uraian

Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.  !

 
  • Siswa melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

 

  • Menyelesai- kan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.

 

Tes tulis

Uraian

Hitunglah:

a. 1 ½  x  2/3 =

b. ¾  :  ½  =

c. ¾  + ½ =

d.1=

 
  • Siswa mendiskusi- kan penyelesaian operasi hitung bilangan desimal.
  • Siswa mendiskusi- kan cara membulat- kan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.

 

  • Menyelesai- kan operasi hitung bilangan desimal.

 

Tes tulis

Uraian

1. Hitunglah:

a.  2,5  +  3,75 =

b.  21,2  -  9,85 =

  1. 4,56 x17,9
  2. 72,3 : 8,7

 

2. Bulatkan sampai dua desimal

  1. 3, 413
  2. 8, 039

 

2×40 menit

 
  • Siswa menuliskan bentuk baku.

 

  • Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

Tes tulis

Uraian

Tulislah dalam bentuk baku

  1. 0, 00000956
  2. 23, 9

 

1×40 menit

 
1.2.Mengguna- kan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan
  • Dengan berkelom- pok siswa menemukan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan desimal.
  • Siswa mengguna- kan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat.
  • Siswa menyelesai- kan masalah kehidupan sehari-hari dengan mengguna- kan sifat operasi hitung bilangan bulat.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

 

  • Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat.
    • Mengguna-  kan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengula- ngan).
    • Mengguna- kan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkan- nya dalam kejadian sehari-hari.

 

Tes tulis

Uraian

  1. Isilah titik-titik berikut ini:

a. 3 + 4 = …

b. 4 + 3 = …

maka 3 + 4 = … + …

Apa yang dapat kamu simpulkan? Berlaku sifat apakah pada soal di atas?

  1. Isilah titik-titik berikut ini:

a. 2 x (3 x 4) = …

b. (2 x 3) x 4 = …

maka 2 x (3 x 4) = (… x …) x …

Apa yang dapat kamu simpulkan? Berlaku sifat apakah pada soal di atas?

  1. Isilah titik-titik berikut ini:

a. 5 x (3 + 4) = …

b. (5 x 3) + (5 x 4) = …

maka 5 x (3 + 4) =

(… x …) + (… x …)

Apa yang dapat kamu simpulkan? Berlaku sifat apakah pada soal di atas?

  1. Amir diberi uang saku sebesar Rp. 10.500. Tiga per tujuh uang saku ia gunakan untuk jajan, satu per tiganya ia gunakan untuk ongkos, dan sisanya ia tabung. Besar uang saku yang Amir tabungkan adalah …

1×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 

ALJABAR

Standar Kompetensi   :           2. Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Afektif

Kognitif

 
2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya. Bentuk Aljabar
  • Mendiskusi kan pengertian bentuk aljabar
  • Mendiskusi kan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis

 

ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampi- lan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis.

Tes tulis

Uraian

1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan    koefisien, variabel dan konstanta.

1×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan
 
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

 

 

 

 

 

Bentuk Aljabar

 

 

 

 

 

 

 

  • Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampi- lan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.

Tes tulis

Uraian

Hitunglah:

1. 2x+3+ 5x-6

2. 4xy  2x

3. (4x)2 : 2x

4×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 

 
  • Melakukan operasi  bentuk pecahan aljabar.
    • Menyelesai- kan operasi bentuk pecahan aljabar.

Tes tulis

Uraian

Hitunglah:

 

3×40 menit

 
  • Menggunakan sifat operasi hitung  untuk menyelesai kan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar.
  • Melakukan operasi  hitung pada pecahan biasa untuk menyelesai kan pecahan aljabar

dengan penyebut satu suku

  • Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesai- kan soal.

Tes tulis

Uraian

Suatu persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya dalam x.

2×40 menit

 
2.3.Menyelesai- kan persamaan linear satu variabel.

 

 

 

 

 

 

Bentuk Aljabar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusi kan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampi- lan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.

Tes tulis

Uraian

Manakah yang merupakah PLSV?

  1. 2x = 5
  2. 5y
  3. 9g – 4 = 10
  4. 6 – 5m = 2
  5. 2x² = 18

1×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 
  • Mendiskusi kan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama
    • Menetukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Tes tulis

Uraian

Manakah yang setara dengan

-5x + 2 = 4?

a. 5x – 2 = -4

b. 10x + 4 = 8

c. -10x – 4 = 8

d. 10x – 4 = -8

1×40 menit

 
  • Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaian nya
    • Menentukan penyelesaian PLSV.

Tes tulis

Uraian

Selesaikanlah persamaan berikut

  1. 5y – 12 = 8.

 

1×40 menit

 
  • Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaian nya
    • Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.

Selesaikanlah persamaan berikut

 

1×40 menit

 
2.4.Menyelesai- kan pertidaksa-maan linear satu variabel.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk Aljabar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusi kan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampi- lan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.

Tes tulis

Uraian

Manakah yang merupakan PtLSV?

a.   3a + 5 > 2

b.   -4h + 4 ≤ 5

  1. 8x -7 = 10
  2. 5y ≥ 10

e.   3 > -5

2×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  • Mendiskusi kan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
    • Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Tes tulis

Uraian

Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah

  1. 5x – 7 ≥ 9
  2. 6x + 8 ≥ 10
  3. 3x – 4 ≥ 5

-3x + 4 ≥ -5

 
  • Menyelesai kan PtLSV untuk mencari akar persamaan
    • Menentukan penyelesaian PtLSV.

Tes tulis

Uraian

Selesaikanlah  3m – 2 ≤ 10.  

 

ALJABAR

Standar Kompetensi   :           3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Afektif

Kognitif

 
3.1.Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan PLSV dan PtLSV.

 

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
  • Mendiskusi kan matematika
  • Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

 

  • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.

Tes tulis

Uraian

Sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00.

Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga gula x rupiah setiap kg.

2×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 
  • Membuat matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
    • Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.

Tes tulis

Uraian

Umur Siti 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah ke dalam matematika, jika umur Siti x tahun.  
3.2.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan PLSV dan PtLSV.

 

Persama an dan Pertidak samaan Linear Satu Variabel
  • Menyelesai kan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Menyelesai kan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan PLSV.

 

Tes tulis

Uraian

Tika membeli 2 buku. Uang Tika sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah

 

2×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 
  • Menyelesai kan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
    • Menyelesai kan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan PtLSV.

Tes tulis

Uraian

Umur dwi 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang adalah …

 

 
3.3.Mengguna kan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.

 

Perbandingan dan Aritmati ka Sosial
  • Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)
  • Mendiskusi kan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit,dan nilai sebagian.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

 

Tes tulis

Uraian

Harga 1 lusin pensil adalah Rp18.000,00.

  1. Berapakah harga 1 buah pensil?
  2. Berapakah harga 5 buah pensil?

1×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan
 
Perbandingan dan Aritmati ka Sosial
  • Mendiskusi kan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
    • Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
 

Tes tulis

Uraian

Seorang pedagang, Pak Asep menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.

Harga beli televisi itu adalah

3×40 menit

 
3.4.Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perbandingan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusi kan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
  • Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.
ü Karakter

-       Menghargai

-       Tanggung jawab individu

-       Tanggung jawab sosial

-       Adil

-       Dapat dipercaya

-       Peduli

ü Keterampilan sosial

-       Bertanya

-       Memberikan ide atau pendapat

-       Menjadi pendengar yang baik

-       Kerjasama

  • Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandi ngan.

 

Tes tulis

Uraian

Pada suatu peta tertulis:

skala 1 : 100.000.

Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?

1×40 menit

  • Buku teks, Matema tika konsep dan aplikasinya kelas VII.
  • Lingku- ngan

 

 

 
  • Mengidentifi kasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
  • Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
    • Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
 

Tes tulis

Uraian

Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?

1×40 menit

 
  • Mendiskusi kan perbandingan seharga (senilai) dan  berbalik harga(nilai).
  • Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga(nilai).
    • Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandi ngan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
 

Tes tulis

Uraian

Berilah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan:

  1. perbandingan senilai
  2. perbandingan berbalik nilai

2×40 menit

 
  • Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesai kan soal/ masalah sehari-hari
    • Menyelesai kan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).

Tes tulis

Uraian

Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah

 

 

 

 

Bandung,   September 2012

Mengetahui,

Guru Pamong PPL,

 

Sri Rahayu, S. Pd.

NIP. 1964 1121 1984 12 2 003

Praktikan,

 

Salwa Nursyahida

NIM. 0900070

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.